Bisphenol A dan Prilaku Anak


STUDI Joe Braun, asisten riset epidemiologi di Gillings School of Global Public Health, Universitas North Carolina, AS, menemukan adanya hubungan antara kimia plastik bisphenol A (BPA) dan perilaku anak perempuan.
Studi itu melibatkan 249 perempuan yang sedang mengandung. Tim Braun lalu mengumpulkan sampel urine mereka saat kandungan mereka berusia 16 dan 26 minggu, serta 24 jam setelah melahirkan. Sebanyak 98% dari partisipan studi memiliki sedikitnya satu sampel urine dengan tingkat BPA yang dapat terdeteksi.
"Kami menemukan hampir semua perempuan (dalam studi ini) mempunyai tingkat bisphenol A yang bisa terdeteksi pada sedikitnya satu tes, dan peningkatan konsentrasi (BPA) berhubungan dengan eksternalisasi perilaku di kalangan anak-anak perempuan," ungkap Braun.
Perilaku anak-anak yang lahir dari para ibu itu lalu dinilai melalui kuesioner ketika mereka berusia dua tahun. Braun menemukan anak-anak perempuan yang memiliki tingkat BPA lebih tinggi menunjukkan perilaku agresif dan hiperaktif. (EP/HealthDay News/X-5)

Sumber: Media Indonesia (08/10/09)

Comments (0)

Posting Komentar